Tuesday, August 14, 2018

3 Legenda yang terdapat di Danau Toba

3 Legenda yang terdapat di Danau Toba

Sejarah Dunia 101 - Danau Toba yaitu danau alami besar di Indonesia yg ada di kaldera gunung berapi super. Danau ini miliki panjang 100 km. (62 mil), lebar 30 km. (19 mi), serta kedalaman 505 mtr. (1. 657 ft). Danau ini terdapat di dalam pulau Sumatera sisi utara dengan ketinggian permukaan kira-kira 900 mtr. (2. 953 ft). Danau ini membentang dari 2, 88°LU 98, 52°BT sampai 2, 35°LU 99, 1°BT. Ini yaitu danau paling besar di Indonesia serta danau vulkanik paling besar didunia.

3 Legenda yang terdapat di Danau Toba
Danau Toba


Danau Toba yaitu area letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 kira-kira 69. 000 sampai 77. 000 tahun yg lalu234 yg mengundang pergantian iklim global. Sistim penanggalan teranyar mengambil keputusan kalau 74. 000 tahun yang lampau lebih tepat. 5 Letusan ini adalah letusan eksplosif paling besar di Bumi dalam kurun 25 juta tahun paling akhir. Menurut teori bencana Toba, letusan ini beresiko besar buat populasi manusia di semua dunia ; efek letusan menewaskan sejumlah besar manusia yg hidup saat itu serta di percayai membuat penyusutan populasi di Afrika timur tengah serta India hingga pengaruhi genetika populasi manusia di semua dunia sampai saat ini. 6

Beberapa ilmuwan setuju kalau letusan Toba mengundang musim dingin vulkanik yg membuat jatuhnya suhu dunia pada 3 to 5 °C (5, 4 to 9, 0 °F), serta sampai 15 °C (27 °F) di daerah lintang atas. Pengamatan kelanjutan di Danau Malawi, Afrika Tengah, temukan endapan debu letusan Toba, tapi tdk temukan bukti pergantian iklim besar di Afrika Timur. 7 Pada tanggal 18 Juni 2018, musibah tenggelamnya kapal feri berlangsung di Danau Toba serta menenggelamkan lebih dari 190 orang.

Danau Toba sampai sekarang masih tetap berubah menjadi tempat rekreasi.

Tetapi nyatanya, ada beberapa cerita misteri serta mitos yg menyelimuti.

Dikutip dari Wartakota, antara lainnya ialah seekor ikan mas raksasa seberat 14 kg yg diamankan di Tao Silalahi pada 17 Juni 2018.

Menurut prediksi hk yang bernama Rismon Raja Mangatur Sirait, pemancing tak mengacuhkan larangan serta anjuran supaya ikan mas itu dilepaskan kembali.

Ikan itu malahan dibuat serta dikonsumsi.

Tidak hanya keyakinan ini, nyatanya ada legenda-legenda berbeda di seputar Danau Toba yg pantas kita hormati.

Asal mulanya Danau Toba  

Cerita ini tentu telah didapati banyak orang-orang.

Ya, cerita terkait seseorang nelayan bernama Toba yg memperistri seseorang wanita cantik yang disebut jelmaan ikan mas.

Dikutip dari sibatak. com, kedua-duanya hidup bersama-sama serta mempunyai seseorang anak bernama Samosir.

Tetapi satu hari, karena anaknya terlambat menghantarkan makanan, Toba berang serta menyebutkan sang anak menjadi anak ikan.

Pada akhirnya, terjadi badai serta air sungai meluap.


Sang ibu kembali berubah menjadi ikan serta lembah itu berubah menjadi Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengah-tengahnya.

Legenda Batu Gantung serta Parapat 


Di Danau Toba, ada suatu batu besar yg keluar di tebing tepi danau.

Batu itu dikatakan sebagai Batu Gantung.

Dikutip dari Tribun Medan, ada legenda dibalik batu ini.

Batu gantung
Legenda mengemukakan kalau batu ini ialah badan seseorang gadis yg bernama Seruni.

Seruni terjerembab di tebing batu kala akan bunuh diri di Danau Toba karena cintanya tak diridhoi orang tuanya.

Kala terjerembab di batu itu, Seruni meneriakkan 'Parapat, Parapat Batu' supaya dinding batu kian menekan dianya sendiri.

Kala orang tuanya datang, Seruni telah terdesak batu serta diatas lubang dimana Seruni masuk, muncul batu besar yg serupa badan seseorang gadis.

Jumlah peristiwa mistis di seputar danau 


Ada beberapa gosip perihal penunggu di Danau Toba.

Di mulai dari nada tangisan pada malam hari, penampakan naga sampai ikan mas raksasa penunggu danau.

Tetapi semua kembali terhadap kita menjadi manusia.

Senantiasa menghargai serta berlaku sopan di mana saja kita ada, termasuk juga di Danau Toba yg sudah berumur 77 ribu tahun ini.

No comments:

Post a Comment

5 Legenda Asal Usul Jenglot

Sejarah Dunia - Jenglot, figur benda misterius ini hadirnya memang sudah lama menggemparkan penduduk Melayu. Memiliki bentuk yang aneh miri...